Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Loji, Panorama Pasir dan Karang Hitam yang Menawan

Pantai Loji adalah salah satu pantai indah yang berada di laut Selatan pulau Jawa. Pantai ini adalah salah satu alternatif wisata yang berada di sekitar Pelabuhan Ratu, tepatnya berada di desa Kertajaya, kecamatan Simpenan. Patokan jika akan menuju pantai ini adalah saat sampai di pertigaan Cidadap, kita belok kiri menuju jalan yang ke arah Ujung Genteng, lalu sekitar 5 menit perjalanan, kita akan menemui pertigaan yang bertuliskan Wisata Simpenan, tinggal ambil jalan menurun ke kanan kita akan sampai di Pantai Loji. Jalan dari pertigaan tersebut menuju ke pantai sudah cukup bagus, namun sayangnya ketika memasuki area pantai, jalan terlihat tidak terawat, berbatu dan sangat sempit. Saya sempat sedikit ragu ketika memasuki jalan ini apakah memang sudah berada di jalan yang benar, setelah bertanya kepada penduduk sekitar baru yakin bahwa memang itu adalah jalan menuju pantai Loji. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, di kejauhan akan terlihat cerobong PLTU Pelabuhan Ratu menambah kecantikan pantai tersebut.

Pantai Loji Wisata Alternatif Pelabuhan Ratu

Pantai Loji
Sangat cocok untuk pengambilan foto
Pantai Loji
Banyak sekali batu karang hitam bertebaran

Pantai yang menjadi salah satu wisata alternatif Pelabuhan Ratu ini masih sangat alami dibanding pantai-pantai lainnya di Pelabuhan Ratu. Tampaknya memang belum dikelola dengan serius oleh Pemda setempat. Ketika kami memasuki pantai tersebut, tidak terdapat tempat parkir, loket masuk maupun pedagang-pedagang di sekitar pantai. Suasana sangat sepi, bahkan ketika kami ke sana, kamilah satu-satunya pengunjung yang berada pada pantai tersebut. Padahal jika dilihat dari keindahan pantai tersebut, keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya di sekitar Pelabuhan Ratu dan sangat berpotensi untuk menjadi objek wisata yang cukup berkelas. Sepanjang pantai tersebut, banyak bertaburan batu karang dari yang berukuran kecil hingga yang sangat besar. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di sekitar Pelabuhan Ratu, pantai ini memiliki pasir dan batu karang yang berwarna hitam pekat. Di beberapa bagian batu karang, terdapat banyak sekali cangkang kerang berwarna putih kekuningan dan ganggang hijau menambah eksotis pemandangan di sana. Deburan ombak memecah batu karang selalu terdengar setiap saat. Pantai ini sepertinya memang tidak bersahabat jika digunakan untuk berenang, karena selain memiliki ombak yang tergolong cukup besar, banyaknya batu karang yang bertebaran sepanjang pantai juga menyulitkan untuk dapat berenang di sana. Mungkin ini salah satu penyebab, sedikitnya wisatawan yang datang ke sini. Di kejauhan terlihat beberapa orang sedang memancing sambil duduk di atas batu karang yang cukup besar. Untuk fauna, beberapa kali kami menemukan bintang laut, kerang dan kepiting yang bersembunyi di antara batu-batu karang. Pantai ini sangat tepat jika digunakan untuk berfoto seperti untuk pengambilan foto pre-wedding ataupun hanya sekedar untuk berbagi foto di instagram.

Pantai Loji
Deburan ombak cukup besar
Pantai Loji
Bukan untuk berenang, namun masih bisa untuk sekedar bermain pasir

Spot Menarik di Objek Wisata Simpenan

Berdasarkan informasi warga sekitar, tidak jauh dari pantai Loji ini juga terdapat vihara yang berada di atas bukit, namanya vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Konon katanya vihara tersebut dibangun oleh seorang berkebangsaan Thailand bernama Mama Airin yang saat ini sudah berbaur dengan warga menjadi warga negara Indonesia. Menurut warga juga, banyak wisatawan naik ke atas bukit tersebut untuk melihat panorama kecantikan pantai loji dari posisi ketinggian. Sebenarnya masih banyak sekali spot menarik di area wisata Simpenan, seperti curug Glodog (curug Semar), pantai Cipunaga, area bukit, persawahan dan lain-lain. Sayangnya saat itu cuaca mendung dan sudah mulai gerimis, sehingga saya dan keluarga tidak sempat menaiki bukit tersebut. Bagi wisatawan yang akan bermalam di sekitar sana juga ada beberapa hotel yang dapat menjadi alternatif penginapan.


Post a Comment for "Pantai Loji, Panorama Pasir dan Karang Hitam yang Menawan"