Wisata Puncak Gunung Telomoyo dengan Jeep

Wisata Puncak Gunung Telomoyo dengan Jeep

Ingin naik ke puncak gunung tanpa harus berlelah-lelah, ya naik Gunung Telomoyo. Gunung ini adalah gunung yang puncaknya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan jip atau sepeda motor. Saya berkesempatan untuk traveling mencoba mengunjungi gunung Telomoyo via Dalangan dengan menggunakan kendaraan jip hingga ke puncaknya, berikut informasi untuk referensi pembaca garisbatas.

Telomoyo
View dari Gn. Telomoyo (Photo by @madscaper on Instagram)
Telomoyo Jip Explore
Wisata Puncak Telomoyo dengan Jip

Lokasi dan Rute menuju Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di antara kabupaten Semarang dan Magelang. Gunung ini memiliki bentuk strato (kerucut) dengan ketinggian 1,894 mdpl. Walaupun tergolong gunung berapi aktif, gunung ini belum pernah tercatat meletus. Untuk menuju ke wisata puncak gunung Telomoyo ini, pengunjung dapat memulainya dari pintu masuknya di dusun Dalangan, desa Pandean, kecamatan Ngablak, Magelang. Jika pengunjung berangkat dari kota Semarang bisa melalu toll Semarang - Bawen lalu belok kiri ke jalan Semarang - Surakarta, belok kanan ke jalan Lingkar Salatiga lalu belok kanan lagi melalu jalan Magelang - Salatiga. Di pertigaan Koramil Getasan jangan lupa belok kanan lagi untuk menuju ke dusun Dalangan. Perjalanan dari kota Semarang hingga ke dusun Dalangan memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan mobil. Lokasi tepatnya sangat mudah ditemukan dengan menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze.

Cara menuju Puncak Telomoyo

Mencapai puncak Telomoyo hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan kendaraan sepeda motor. Bagi para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan mobil dapat memparkir kendaraanya di area parkir yang juga tersedia. Pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan mobil pribadinya untuk melintas hingga ke puncak karena dikhawatirkan pengunjung belum mengetahui medan yang akan dilintasinya namun dapat dilanjutkan dengan menyewa sepeda motor atau menggunakan layanan Telomoyo Jeep Explore merupakan satu-satunya operator tranportasi menggunakan kendaraan jip hingga ke puncak Telomoyo termasuk juga sebagai tour guide. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang merupakan perwakilan dari masyarakat sekitar memang memberikan mandat kepada Telomoyo Jeep Explore untuk mengelola area tersebut. 

Telomoyo Jip Explore
Pintu masuk utama Telomoyo via Dalangan
Telomoyo Jip Explore
Kendaraan jip yang digunakan untuk mencapai puncak Telomoyo
Telomoyo Jeep Explore
Foto dulu sebelum jalan

Jika akan menggunakan jip menuju ke puncak, ada beberapa Paket Telomoyo Jeep Explore yang ditawarkan oleh pengelola, yaitu sebagai berikut:

PAKET GOJIP 400K
  • Puncak gunung Telomoyo
  • Estimasi waktu max 2,5 jam
  • Order mulai 07.00 - 16.00

PAKET SUNRISE 700K
  • Puncak gunung Telomoyo
  • Start 04.00

PAKET SUNSET 500K
  • Puncak gunung Telomoyo
  • Start 16.00

PAKET KOPENG 600K
  • Puncak Telomoyo
  • Wisata Gunung Sari
  • Kampung Bunga

PAKET AIR TERJUN SUMURAN 600K
  • Puncak Telomoyo
  • Kampung Pinus
  • Air Terjun Sumuran

# fasilitas asuransi 4 orang
# kapasitas jip 4 orang
# paket trip belum termasuk tiket masuk wisata

Sebelum memasuki pintu utama, pengunjung juga akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu per orang yang terdiri dari 10 ribu tiket masuk termasuk asuransi dan 5 ribu adalah karcis pemeliharaan area wisata.

Trek Jip dan Jalur menuju Puncak

Perjalanan menuju ke puncak berupa jalan beraspal namun kondisinya sudah berlubang-lubang, sehingga pengendara harus extra hati-hati melintas penjalanan. Selain itu treknya juga tidak luas, hanya cukup untuk dilalui satu mobil saja, jika berpas-pasan dengan mobil dari arah berlawanan, salah satu harus berhenti dan mencari area yang agak luas menunggu mobil lainnya melintas. Di setiap tikungan pengendara harus membunyikan klakson agar dapat diketahui oleh pengendara lainnya. Kondisi seperti itu tentunya sangat perlu untuk mengatur mobilitas kendaraan yang lewat agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di titik tertentu, jadi sangat wajar jika kendaraan pribadi tidak diperbolehkan masuk melintas ke puncak agar mobilitas dapat diatur. Sepanjang perjalanan hanya ada 1 pertigaan yang ditemui yaitu pertemuan jalan antara jalur Dalangan dan jalur yang berasal dari Ambarawa.

Telomoyo via Dalangan
Salah satu spot di perjalanan ke puncak

Puncak, Aktivitas dan Fasilitas yang dapat Digunakan

Sampai di puncak dengan ketinggian 1,894 mdpl hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja, bayangkan jika dilakukan dengan cara trekking berjalan kaki, mungkin butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk mencapai puncak. Puncak berupa area datar yang dipagari dengan pagar besi, di dalamnya terdapat beberapa menara telekomunikasi dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman untuk para pengunjung yang beristirahat. Jika berkunjung pada saat cuaca cerah pemandangan di puncak Telomoyo sangat indah, gunung-gunung sekitar seperti gunung Andong, Sumbing, Merbabu, Merapi, dan gunung Ungaran. Sensasi berada di atas awan juga akan dirasakan dari puncak Telomoyo. Jika sedang cerah, di bagian bawah akan terlihat area Rawa Pening yang juga sangat indah.

Puncak Telomoyo
Negeri di atas awan

Di puncak ada beberapa lokasi spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung, salah satunya adalah Taman Langit yang merupakan pelataran-pelataran dari kayu untuk berfoto. Pengunjung dikenakan biaya 10 ribu per orang untuk dapat memasuki area spot foto tersebut. Selain Taman Langit, tak jauh dari puncak juga terdapat spot foto dengan nama Awang-Awang Sky View, di dalamnya terdapat pelataran berlantai kaca yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto, tentunya butuh adrenalin dan keberanian untuk dapat berfoto di atas kaca di atas ketinggian lereng gunung Telomoyo, namun jika diambil pada saat kondisi cerah pastinya akan sangat bagus dan tidak mengecewakan. Untuk dapat menggunakan spot foto tersebut, pengunjung dikenakan biaya 15 ribu per orang sudah termasuk sandal khusus yang digunakan di area pelataran kaca.

Selain berfoto, aktivitas lain yang dapat dilakukan di gunung ini adalah camping atau berkemah. Di bagian puncak ada area datar yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda, namun hanya cukup untuk 6 hingga 7 tenda saja, sehingga jika ingin camping sebaiknya datang pagi sekali agar masih bisa mendapatkan area berkemah. Aktifitas lainnya yang dapat dilakukan adalah tendem paralayang dari puncak Telomoyo hingga ke Banyu Biru, namun hanya bisa dilakukan saat cuaca sedang cerah. Di lokasi ini pula secara rutin diadakan Kejuaraan Gantole Telomoyo Cup yang diprakarsai oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Bagi pembaca yang akan berwisata ke puncak gunung Telomoyo bisa menghubungi langsung team sales Telomoyo Jeep Explore via whatsapp di nomor 0821-3808-8118, atau bisa juga menghubungi Mas Margo, yaitu driver jeep yang mengantarkan saya ke puncak. Mas Margo bisa dihubungi melalui whatsapp di nomor 0821-3443-9258

Baca Juga

Comments

  1. MasyaAllah keren banget pemandangannya. Kangen ngetrip pake jeep gitu, seru dan banyak tantangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba, pemandangan bagus banget terutama kalo cuaca cerah

      Delete
  2. Seruuuuu

    Aku belum pernah nih naik Jip begitu
    Viewnya juara sih itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dicoba sekali2 mas, biar bisa ngerasain sensasinya

      Delete